Rabu, 29 April 2015

pembentukan dan perbedaan mesin 4 tak dan 2 tak

bagi teman - teman yg masih ragu tentang pengertian mesin diesel, mungkin saya bisa menjelaskan sedikit tentang arti dari mesin diesel,
menurut proses atau langkah kerja yang di bagi menjadi 2 jenis yaitu mesin 4 tak dan 2 tak, berikut penjelasam dari mesin 4 tak dan 2 tak

A. mesin 4 tak ( four stroke engine )

pada mesin 4 tak terbagi dalam 4 komponen dasar yaitu
a. langkah pemasukan :
poros engkol berputar searah dengan putaran jarum jam. misalkan posisi torak pada kedudukan langkah paling atas, kedudukan itu biasa di sebut pada TMA ( titik mati atas ), katup pemasukan udara ( Inlet gas valve ) membuka, udara bersih masuk kedalam silinder, piston bergerak ke bawah sampai mencapai keudukan paling bawah TMB ( titik mati bawah ), katub pemasukan udara tertutup
b. langkah kompresi :
piston mulai bergerak keatas dengan keadaan katub pemasukan udara ( inlet valve ) tertutup dan katub pembuangan ( exhaust valve ) juga tertutup. udara di dalam silinder di tekan ( kompresi ), akibatnya tekanan naik dan begitu pula suhunya naik
c. langkah pembakaran atau langkah usaha:
piston terus bergerak keatas, sampai beberapa derajat sebelum TMA bahan bakar di semprotkan ke dalam silinder melalui alat fuel injector. terjadi pembakaran, menghasilkan panas dan tekanan tinggi , serta mendorong piston ke bawah ( dan langkah ini biasanya di sebut dengan langkah usaha ), sampai kedudukan TMB
d. langkah pembuangan :
pada posisi piston di TMB katub pembuangan ( exhaust valve ) terbuka, piston bergerak ke atas dan gas pembakaran di buang keluar dengan ini biasanya di sebut dengan langkah pembuangan dan berlangsung sampai piston mencapai kedudukan TMA


B. Mesin 2 tak ( two stroke engine )

berdasarkan pada mesin 2 tak ada dua langkah torak atau satu putaran poros engkol, menghasilkan satu usaha,  proses pemasukan udara bersih dan pembuangan gas bekas , di lakukan melalui lubang pemasukan udara ( scavenging port ) dan pembuangan gas bekas melalui lubang pembuangan ( exhaust port ) cara kerja mesin 2 tak sperti pada gambar di samping
berikut penjelasan mengenai proses cara kerja mesin 2 tak
misalkan torak berada pada kedudukan paling atas dari langkahnya, di mana penyemprotan bahan bakar ( proses pembakaran ) baru saja terjadi
(A) Langkah usaha
torak di dorong ke bawah pada langkah kerjanya ( langkah usaha ), pada gerakan selanjutnya ke bawah, kepala torak membuka lubang pembuangan ( exhaust port ) langkah pembuangan
(B) Lankah pembuangan
gas - gas hasil pembakaran mulai di keluarkan dari dalam silinder dana torak terus bergerak ke bawah, hingga membuka lubang pemasukan udara bersih ( scavenging port ) langkah pembilasan di mulai
(C) Langkah pembilasan
udara bersih tertekan masuk dan mendorong atau mengeluarkan sisa - sisa gas buang melalui port yg masih terbuka ,
(D) Langkah kompresi
pada gerakan yg selanjutnya, torak mulai bergerak ke atas kembali , menutup lubang - lubang pemasukan udara ( scavenging port ) dan lubang pengeluaran ( exhaust port ) torak terus bergerak ke atas, terjadi langkah kompresi

itulah pembentukan atau cara kerja dari pada mesin 4 dan 2 tak, semoga penjelasan yang di atas tadi bermamfaat buat teman - teman sekalian,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar